Aplikasi terbaik untuk meningkatkan produktifitas Microsoft Office 2016

Microsoft Office 2016 merupakan versi terbaru dari aplikasi Office terbaik dan terpopuler “Microsoft Office”. Upgrade tersebut berupa perbaikan atau pemaksimalan fitur sebelumnya dan penambahan fitur baru. Tampilan Microsoft Office Proffesional Plus 2016 ini juga tampak lebih modern dan keren yang sangat cocok dan terintegrasi dengan Sistem Operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 10.

Microsoft Office 2016
Microsoft Office 2016
Microsoft Office Proffesional Plus 2016 terdiri dari aplikasi Access 2016, Excel 2016, OneNote 2016, Outlook 2016, Powerpoint 2016, Publishers 2016, Word 2016, Skype for Bussiness 2016, dan OneDrive 2016. Aplikasi tersebut memiliki fungsi masing – masing yang sangat berguna dalam pekerjaan office. Namun, selain aplikasi office suite default diatas, kita dapat menginstall berbagai aplikasi lain yang dapat meningkatkan kinerja kita untuk melakukan berbagai kegiatan office. Aplikasi – aplikasi tersebut yaitu :
1. Acrobat

Tampilan Adobe Acrobat DC
Tampilan Adobe Acrobat DC

Adobe Acrobat adalah aplikasi dari Adobe system inc (baca juga : Daftar Lengkap Aplikasi Desktop Adobe Systems inc. Beserta fungsinya)yang berguna untuk mengolah atau mengedit file pdf. File pdf sendiri meruakan format file yang sangat popular untuk office seperti ebook. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan editing penuh file pdf yang kita miliki, dari kegiatan ekspor dan impor, dan sebagainya. Aplikasi serupa adalah foxit phantom pdf for business. Sayangnya, kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbayar. Jadi, saya sarankan jika belum mampu membelinya, gunakan alternative lain, seperti foxit reader(editing terbatas) dan untuk melakukan konversi file pdf dapat kita manfaatkan online pdf converter yang banyak tersedia.

Acrobat di Word 2016
Acrobat di Word 2016

2. Wunderlist To – Do

Tampilan Aplikasi Wunderlist To-Do
Tampilan Aplikasi Wunderlist To-Do


Wunderlist merupakan aplikasi To-Do terbaik yang pernah saya gunakan. Aplikasi ini berguna untuk mengatur kegiatan dalam bentuk daftar dan kita bisa centang – centang jika sudah selesai. Aplikasi ini sangat ringan, mudah, dan menyenangkan untuk digunakan. Selain itu, fitur yang tidak kalah bagus adalah adanya sinkronisasi antara aplikasi wunderlist to-do di windows desktop dan perangkat lain seperti windows phone dan android. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beragam background dan mengundang teman jika memiliki to – do yang sama. Wunderlist to – do juga dibagikan secara freeware. Namun, ada beberapa fitur yang mengharuskan kita membeli versi pro dari wunderlist ini agar dapat menikmati fitur pro tersebut.
3. Office Tab

Tampilan Word 2016 dengan office tab
Tampilan Word 2016 dengan office tab


Office Tab berguna agar tampilan Microsoft Office menjadi tabbed view atau bertab. Tampilan tab ini sering kita jumpai pada sebuah browser. Namun, seperti halnya Adobe Acrobat office tab juga merupakan aplikasi berbayar.
4. Sway

Tampilan Microsoft Sway
Tampilan Microsoft Sway


Sebanarnya, aplikasi ini masih dalam keluarga Microsoft Office, namun Sway tidak disertakan secara langsung dalam Microsoft Office Proffesional Plus 2016. Hal ini mungkin disebabkan karena aplikasi ini merupakan aplikasi onlone, yan hanya bisa berjalan penuh jika computer kita terkoneksi ke internet. Aplikasi ini juga dibagikan gratis oleh pihak Microsoft.
5. Flux

flux
flux


Tidak seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi flux ini termasuk dalam aplikasi kesehatan karena berguna untuk menahan atau mengurangi dampak sinar biru (blue light) yang dikeluarkan oleh computer. Seperti kita ketahui para pengguna aplikasi office merupakan pekerja yang sehari – harinya selalu di depan computer, jadi untuk mengurangi dampak kerusakan mata, kita dapat menggunakan aplikasi ini.
6. KuTools
Satu pengembang dengan Office Tab, KuTools merupakan aplikasi plug in yang berisi berbagai perintah yang tidak terdapat pada Microsoft office, seperti perintah screen shoot dan banyak llagi yang tidak ada di Microsoft Office default. KuTools ini terdiri dari Kutools for word, Kutools for Excel, dan KuTools for Outlook yang masing – masing memiiki perintah tambahan yang berbeda – beda. Dengan satu developer, aplikasi ini juga tidak dibagikan secara gratis.
7. E Draw Max

E Draw Max
E Draw Max


Aplikasi ini berguna untuk membuat berbagai grafik, table, atau diagram dengan kustomisasi yang lebih banyak dan kompleks dibandingkan dengan Excel. Aplikasi ini mirip dngan Microsoft Visio. Sayangnya, versi E Draw max ini tidak dibagikan secara gratis. Tapi jangan berkecil hati dulu, karena pihak developer jugamembagikan aplikasi gratis untuk membuat mind map yaitu E Draw Mind Map, walau tidak sekompeks E Draw Max.
Demikian untuk meningkatkan produktifitas Microsoft Office 2016 versi ikhazhar.blogspot.com. Jika ada yang kelewat, akan saya update sendiri atau silakan teman – teman tambahkan melalui komentar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *