Ini Daftar Aplikasi Edukatif terbaik untuk PC Windows kamu, mana yang sudah kamu punya?

Image Source

Sekarang ada sangat banyak aplikasi untuk PC windows yang tersebar baik di web atau di windows store sendiri. Terutama dengan adanya system operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 10. Aplikasi – aplikasi tersebut memiliki beragam fungsi, dari yang penting untuk kerja dan sekolah, hingga aplikasi untuk hiburan.
Namun, sebagian besar orang hanya menginstall aplikasi yang berguna untuk hiburan semata, seperti untuk menonton film, bermain game, atau mendengarkan music. Sedangkan aplikasi yang edukatif dan dapat menambah wawasan jarang mereka install. Hal ini dapat disebabkan karena ketidak tahuan mereka. Sehingga, PC hanya identic untuk bermain game.
Padahal, ada banyak aplikasi edukatif yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa, baik untuk menambah wawasan mereka, melatih skill, serta membantu mengerjakan tugas sekolah. Berikut Aplikasinya:
1. Microsoft Office

Berbagai Aplikasi dalam Microsoft Office 2016

Aplikasi ini sudah sangat populer, dan seakan merupakan aplikasi wajib untuk setiap computer. Microsoft Office ini memang sangat berguna, baik untuk keperluan office atau kantor, hingga untuk membantu pelajar menyelesaikan tugas sekolah. Salah satu kelebihan Microsoft Office adalah disamping cocok untuk siswa karena kemudahannya, juga sangat cocok untuk professional karena kelengkapan fiturnya. Jarang sekali ada aplikasi seperti ini, karena rata – rata aplikasi yang kompleks dan memenuhi standar professional sangat rumit untuk dipelajari, seperti halnya Adobe Photoshop atau AutoCAD.
Untuk pelajar, Aplikasi Office yang satu ini memiliki banyak manfaat, seperti :
a. Word untuk keperluan dokumen, mengetik, membuat karya tulis, dan sebagainya.
b. Excel untuk membuat berbagai table, diagram, grafik, dan sebagainya.
c. Powerpoint untuk membuat presentasi menarik.
d. OneNote sebagai digital note atau memo digital untuk mencatat ulang materi yang penting atau membuat daftar tugas dan PR yang akan datang. Bahkan sekarang dapat membantu menyelesaikan PR matematika.
e. Publishers untuk membuat kartu ucapan selamat, undangan , dan sebagainya dengan mudah.
f. Outlook untuk saling berkirim email kepada teman. Tapi tentang pelajaran sekolah, ya!(walaupun para anak muda lebih memilih menggunakan media social seperti facebook untuk berkomunikasi)
Sayangnya, aplikasi ini tidaklah gratis sepenuhnya. Meskipun sekarang terdapat versi Office Online yang gratis atau Office 365 untuk siswa yang gratis. Tapi selain Microsoft Office, masih ada banyak aplikasi office lain seperti OpenOffice atau LibreOffice yang tidak kalah canggih dan produktif.
2. Indodic E-Kamus

Indodic E-Kamus
Indodic E-Kamus

Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi kamus Bahasa inggris yang cukup lengkap. Aplikasi ini sangat berguna, karena sekarang Bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran penting  di sekolah, dan kita sangat memerlukan kamus untuk belajar. 
Sebagai alternative kamus kertas atau cetak, teman – teman bisa menggunakan aplikasi ini, walaupun ada yang berpendapat menggunakan kamus elektronik itu percuma dan mudah lupa, tapi apa salahnya kalau sebagai alternative disaat tidak ada kamus kertas? Tidak ada rotan, akar pun jadi. Bahkan, sekarang banyak yang mengaku lebih suka menggunakan aplikasi kamus gratis seperti ini.
3. KBBI Offline
KBBI Offline
KBBI Offline

Sebelumnya saya juga pernah membagikannya di blog ini, tepatnya di “Download KBBI digital, KBBI pdf dan aplikasi KBBI offline”. Kalau sebelumnya ada kamus untuk membantu mempelajari Bahasa inggris sekarang KBBI untuk membantu mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia.
4. Google Earth
Dalam pelajaran IPA, pasti sering membahas tentang bumi. Tapi, media yang umum digunakan adalah gambar mati atau diam. Jadi, jika ingin sesuatu yang beda dan lebih mudah, cobalah Google Earth yang akan menunjukkan kenampakkan bumi dengan akurat.

5. Periodic Table
Masih seputar IPA, namun sekarang lebih spesifik ke Kimia, ada aplikasi Periodic Table. Isinya adalh tebl periodic yang merupakan hal oenting untuk mempelajari berbagai zat unsur atau senyawa.
6. Sway

Tampilan Sway
Tampilan Sway

Aplikasi ini sebanarnya masih dalam keluarga Microsoft Office, yang diluncurkan tahun 2015. Aplikasi Digital Storytelling iini dapat  digunakan untuk membuat presentasi juga seperti Powerpoint, tapi tampilannya berbeda dan kamu dapat mengasah kreativitas untuk membuat presentasimu sebagus dan sekeren mungkin.
7. Wunderlist To – Do
Wunderlist To-Do di PC saya
Wunderlist To-Do di PC saya

Wunderlist merupakan aplikasi To-Do terbaik yang pernah saya gunakan. Kita dapat membuat dafat PR, daftar Tugas, dan sebagainya dengan mudah dan menyenangkan, karena tampilannya adaah daftar yang mudah untuk dicentang – centang jika sudah selesai. Selain itu, fitur yang tidak kalah bagus adalah adanya sinkronisasi antara aplikasi wunderlist to-do di windows desktop dan perangkat lain seperti windows phone dan android. Tak Hanya itu, aplikasi ini juga mendukung beragam background dan mengundang teman jika memiliki to – do yang sama. Wunderlist to – do juga dibagikan secara freeware. Namun, ada beberapa fitur yang mengharuskan kita membeli versi pro dari wunderlist ini agar dapat menikmati fitur pro tersebut. 
8. Rapid Typing
Rapid Typing
Rapid Typing

Beralih ke dunia TIK, mengetik merupakan hal yang sangat penting untuk siswa. Jadi untuk melatih kemampuan mengetikmu, aplikasi Rapid Typing ini layak untuk dicoba. Aplikasi iini lebih mirip game, dengan berbagai level dan kecepatan berbeda yang akan membuat skill mengetik kita semakin bertambah atau lincah.
9. Star Chart
Star Chart berguna untuk memudahkan penggunanya menjelajahi alam semesta, tidak hanya matahari, kamu juga bisa berkeliling menuju bintang – bintang lainnya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, namun mengandung informasi yang sangat lengkap.
10. National Zoo
Sekarang tak perlu jauh – jauh lagi ke luar kota untuk untuk mengunjungi kebun binatang dan mempelajari aneka macam binatang. Kamu bisa mengunduh aplikasi National Zoo di Windows Store. Selain itu, dengan fitur live webcam kamu juga bisa terhubung langsung dengan kamera yang sedang meliput binatang kesukaanmu.
11. My Study Life
Aplikasi ini seperti halnya onenote atau wunderlist, sangat cocok untuk pengelolaan tugas, PR, dan sebagainya. Tingal pilih aja yang cocok sama kamu, atau semuanya juga tidak masalah.

12. Weird But True

Contoh Weird But True
Contoh Weird But True

Tahukah kamu bahwa kelelawar dapat memakan 3000 serangga dalam semalam ?Atau semangka berbentuk pyramid yang dapat kita beli di Jepang? Itulah contoh Weird but true (aneh tapi nyata) yang akan kita jumpai pada aplikasi ini.
13. Everyone Piano

Everyone Piano
Everyone Piano

Suka main piano atau pengin latihan tapi nggak punya cukup uang untuk membeli ? Tidak masalah juga, kamu bisa mencoba aplikasi yang satu ini.
14. Duolingo
Aplikasi ini akan membantu kita mempelajari banyak Bahasa asing yang ada di dunia.
15. iMath
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai bahkan ditakuti siswa karena kesulitannya. Jadi, gunakan aplikasi iMath sebagai tambahan pembelajaran matematika agar kamu tidak takut lagi dan menyukai matematika. Selain itu, kamu juga dapat menginstall aplikasi Math Quiz, yang berisi kumpulan kuis atau latihan soal matematikan untuk meningkatkan kemampuan matematikanmu.
Demikian aplikasi edukatif terbaik untuk PC Windows, beberapa dari aplikasi tersebut juga tersedia versi mobilenya, baik untuk Platform Android, iPhone, dan Windows Phone. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *