12 alasan kenapa saya memilih melanjutkan sekolah di SMA Negeri 1 Bobotsari

smansabozz
Pergantian tahun pelajaran telah tiba, dari tahun pelajaran 2016/2017, sekarang beralih menjadi tahun pelajaran 2017/2018. Saatnya pula untuk meninggalkan sekolah tercinta SMP N 1 Mrebet, dan memilih untuk menuju atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Ada banyak masalah, kendala, serta pilihan yang sebenarnya susah susah gampang. Seperti hal paling dasar adalah memilih akan melanjutkan sekolah atau tidak. Kemudian, dengan segala alasan seperti masa depan tentu saja saya dengan yakin memilih untuk melanjutkan. Because It`s Very Important.Selanjutnya, di Indonesia umumnya ada dua jenjang yang palling popular setelah SMP, yaitu SMA atau SMK. Ini pillihan yang cukup membuat pusing, dengan segala saran yang diberikan oleh kakak kelas, guru, orang tua, masyarakat, serta teman – teman yang malah membuat lebih membingungkan. Karena kalau Tanya ke kakak kelas yang SMK, apa sih enaknya di SMK? Jawabannya pasti hanya memperlihatkan yang baik baik saja, bahkan diperbaik lagi, cukup memuaskan dan menggiurkan. Kemudian kalau Tanya kakak SMA, jawabannya juga sangat memuaskan dan menggiurkan. Jadi, dengan segala pertimbangan serta saran, saya memilih untuk bersekolah di SMA.
Setelah itu, menentukan pilihan SMA mana yang akan dituju, yang pada akhirnya saya memilih SMA Negeri 1 Bobotsari. Saya Tidak bermaksud untuk menentukan yang lebih baik, karena ini hanya pilihan saya secara subjektif. Jadi, berikut alasan kenapa saya memilih melanjutkan sekolah di SMA Negeri 1 Bobotsari 
1. SMA Unggul, SMK Bisa!
Ada yang bilang, Unggul pasti Bisa. Tapi yang Bisa belum tentu Unggul. Jadi, kenapa tidak untuk memilih yang Unggul?
2. SMA N 1 Bobotsari merupakan SMA terbaik (kedua) se-Kabupaten Purbalingga
SMA N 1 Bobotsari merupakan yang terbaik kedua. Lantas, mengapa tidak memilih yang terbaik pertama? Ada beberapa alasan. Seperti SMA N 1 Bobotsari sangat menegakkan peraturan, tapi tidak berarti menjadi sangat terkekang dan menghambat gerak gerik kita. Menurut saya ini hal yang cukup penting, karena saya benar – benar tidak nyaman bersekolah dengan berbagai peraturan yang sangat mengekang. Jadi, santai tapi tetap disiplin. That`s Good. Selain itu, jarak memisahkan rumah saya dengan SMA yang terbaik. Disarankan menginap di kost, sebenarnya tidak masalah karena saya juga ingin berlatih hidup lebih mandiri, tapi pertimbangan secara ekonomis membuat saya menghindari terlebih dahulu kost, agar tidak terlalu memberatkan orang tua.
3. Kebersihan terjaga, kedisiplinan terjamin
Ini berdasarkan observasi singkat saya, membuktikan tingkat kebersihan di SMA N 1 Bobotsari yang cukup tinggi. Tidak akan terlihat sampah berserakan sampai ada lalat lalat diatasnya, kecuali tempat sampah mungkin, kemudian dapat terlihat peringatan “Ini Bukan Tempat Sampah”, yang berarti mungkin siswa ada yang suka membuang di tempat tersebut, tapi pihak sekolah atau OSIS mungkin bertindak menanganinya. Selain itu, dari awal juga kita sudah dibiasakan hidup disiplin. Kakak kelas juga memberikan contoh yang baik tentang kedisiplinan.
4. Gurunya pintar, perhatian, dan memiliki kemampuan unggul
Jika kita melihat lemari kaca tempat menyimpan berbagai piala atau di ruang guru, maka kita tidak hanya melihat penghargaan dari para siswa saja, melainkan juga dari guru – guru di SMA N 1 Bobotsari. Walaupun ada yang terlihat galak, tapi mereka memiliki kemampuan dalam berbicara untuk memahamkan siswanya. Guru yang unggul di SMA yang unggul.
5. Siswanya ganteng/cantik, keren, pintar, baik serta berprestasi
Saya lihat  siswa siswi SMA N 1 Bobotsari memiliki karakter yang baik. Dari pengamatan singkat saya juga, para siswa memiliki keberanian untuk  berbicara di depan orang tanpa bergidik atau terlalu sering salah kata. Hal ini dapat menunjukkan siswa tersebut memiliki keberanian, kepercyaan diri, serta mungkin IQ dan EQ yang cukup tinggi. Tapi hal itu tidak membuatnya sombong atau besar kepala, mereka tetap menghargai kami sebagai adik kelas yang baru. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan situasi, jadi kalau ada sesuatu di luar perkiraan, mereka tidak seketika panik, mereka bersikap tenang dan bertindak dengan kepala dingin. Walaupun mungkin tidak semuanya, sih. Tapi, Bravo kakak kelas!!!
6. Memiliki segudang prestasi yang terus bertambah setiap tahunnya
Seperti yang saya sampaikan, prestasi di SMA N 1 Bobotsari diraih oleh Siswa, Tim Siswa, Guru, maupun sekolah itu sendiri. Prestasi tersebut juga terus bertambah setiap tahunnya yang terdiri dari berbagai tingkat, tidak hanya tingkat kabupaten saja.
7. Memiliki Alumni yang terbukti memiliki kemampuan dan berkualitas
Alumni dari SMA N 1 Bobotsari banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi, kemudian menjadi guru, dokter, polisi, dan banyak lainnya. Selain itu, ada juga yang terjun ke dunia politik, Beliau adalah Bupati Purbalingga sekarang, Bapak Tasdi yang ternyata juga alumni dari SMA N 1 Bobotsari
8. Fasilitas dan ruangan yang lengkap dan memadai
Fasilitas di SMA N 1 Bobotsari cukup, atau bahkan sangat lengkap. Dengan kelas yang dilengkapi LED Proyektor dan AC, berbagai laboratorium, taman, lapangan, WC bersih, hotspot gratis, dan banyak lagi yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar kondusif.
9. Memiliki banyak Ekstrakurikuler yang aktif
Banyak sekolah yang memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, tapi ekstrakurikuler tersebut tidak aktif, jadi percuma saja. Di SMA N 1 Bobotsari, ada banyak macam kegiatan ekstra kurikuler yang dijalankan oleh siswa dengan didampingi oleh guru, seperti Kegiatan OSIS, Kepramukaan, Ekskul Olahraga, OSN, dan banyak lainnya.
10. Suasana belajar yang tenang, Lokasi strategis yang tidak terlalu jauh dengan kota
Sekolah yang terlalu di pinggir jalan raya juga tidak terlalu mendukung kegiatan belajar mengajar, hal ini dikarenakan suara bising kendaraan serta aktivitas kota yang cenderung mengganggu kegiatan belajar mengajar. SMA N 1 Bobotsari berada didekat pepohonan bambu sehingga membuat lingkungannya sejuk. selain itu, di dalam sekolah tersebut juga terdapat banyak tanaman yang semakin membuat sejuk dan nyaman kegiatan belajar mengajar. Namun, Lokasi SMA N 1 Bobotsari juga tidak terlalu jauh dengan pusat kota Bobotsari, sehingga memudahkan akses transportasi bagi siswa maupun guru.
11. Menyediakan akses yang mudah ke jenjang yang lebih tinggi
SMA N 1 Bobotsari menyediakan berrbagai akses bagi siswa untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti memberikan informasi Univeritas atau perguruan tinggi yang bagus dan berkualitas, atau peluang kuliah gratis.
12. Menyediakan banyak beasiswa bagi siswa yang pandai dan kurang mampu
SMA N 1 Bobotsari juga menyediakan beasiswa bagi siswa, seperti bebas SPP 6 bulan bagi yang mendapat peringkat parallel 1-3, dan lain-lain.
Jadi, demikian 12 alasan kenapa saya memilih SMA 1 Bobotsari sebagai SMA pilihan. Sekali lagi, saya tidak bermaksud untuk menjelek – jelekkan sekolah lain. Selain itu, informasi di atas bersumber dari observasi sendiri, info taman dan kakak kelas, serta hasil sosialisasi yang diberikan SMA N 1 Bobotsari sewaktu saya masih SMP. Jadi, apabila terdapat kesalahan, harap untuk dimaafkan dan juga dikoreksi apa yang benar. Jika teman – teman juga merasakan hal yang sama, bantu kami dengan membagikan artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *