Menikmati Keindahan Alam di Wadas Gantung Camp Area, Pos 1 Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Gunung Malang

wadas gantung camp area
Wadas Gantung Camp Area
Wadas Gantung Camp Area. Mungkin masih terdengar cukup asing bagi sahabat semuanya. Wadas Gantung sebenarnya merupakan nama salah satu pos, lebih tepatnya pos 1 pada Jalur Pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang. Basecamp jalur pendakian tersebut berada di Gunung Malang, sehingga jalur pendakiannya juga memiliki nama serupa.
Wadas Gantung berada pada ketinggian 1768 mdpl. Kita berjalan melalui basecamp dengan ketinggian sekitar 1400 mdpl. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhkan pada pemandangan atau vegetasi yang berbeda – beda, dimulai dari kebun penduduk, kemudian ke hutan dengan banyak pohon pinus, serta padang ilalang.
Awal perjalanan, kita melewati aspal, cukup singkat, hanya untuk mengantarkan kita untuk mulai menapaki tanah di gunung tertinggi di jawa tengah tersebut. Setelah melewati aspal, kita akan mulai melewati jalan setapak dengan kebun penduduk setempat di kanan kiri kita. Kebun itu biasanya berupa kubis atau daun bawang yang baunya cukup menambah sensasi perjalanan kita. Rute ketika melewati kebun tidak terlalu menanjak, di suatu tempat memang ada yang cukup menanjak, namun banyak juga yang terkesan datar. Jadi, kebun ini dapat dikatakan sebagai pemanasan untuk terus berjalan.
Setelah beberapa lama kita berjalan, kita akan mulai masuk ke hutan. Vegetasi seperti pepohonan yang biasa kita temukan di gunung, dan didominasi dengan pohon pinus. Pohon pinus yang kita jumpai cukup banyak, sehingga perjalanan cukup tertutup oleh dedaunan pohon pinus yang menjulang tinggi. Sangat mendukung apabila kita melakukan pendakian pada siang hari, karena kita terlindung dari teriknya cahaya matahari oleh rimbunnya dedaunan pohon pinus. Jalur cukup menanjak, mulai jarang ditemui jalur yang datar.
Semakin ke atas jalur semakin terbuka. Rimbunnya pepohonan pinus digantikan dengan padang ilalang. Ilalang tersebut tumbuh subur di samping jalur pendakian, menambah indah perjalanan. Tinggi ilalang juga bervariasi, dari yang setinggi lutut hingga pinggang orang dewasa. Setelah beberapa saat, kita akan sampai di suatu tempat yang cukup lapang, yaitu di Wadas Gantung Camp Area.
pos 1 gn. malang, wadas gantung
POS 1 pendakian gunung slamet via gunung malang
Di Wadas Gantung, kita bisa menikmati pemandangan yang indah. Apabila kita melihat ke arah barat, kita akan melihat sebuah puncak. Puncak itu bukan merupakan puncak slamet, melainkan puncak gunung malang. Untuk menuju puncak slamet, harus menuju puncak gunung malang lalu turun dan kemudian naik lagi menuju puncak slamet, puncak tertinggi jawa tengah. Puncak gunung malang tampak tinggi, hijau dengan diselingi ilalang yang masih terlihat di sepanjang perjalanan ke atas.
Sebaliknya, apabila melihat ke arah timur, kita akan melihat pemandangan luas, terlihat awan-awan bergerak dibawah kita, dengan diiringi birunya langit serta sinar mentari. Dikala senja, matahari akan tenggelam ke balik puncak gunung malang, tetapi kita masih bisa menikmati senja di Wadas Gantung dengan keindahan sunset yang indah.
pemandangan puncak gunung malang
di depan puncak gunung malang
di atas awan wadas gantung
di atas awan
Di malam hari, apabila langit cerah, kita akan melihat taburan bintang-bintang diatas kita. Wadas Gantung cukup tinggi dan jauh dari cahaya kota, sehingga kita bisa melihat banyak bintang bersebaran di langit. Terkadang ditemani sinar rembulan, walau kadang sinar rembulan mengalahkan cahaya bintang itu sendiri. Malam seperti ini sangat cocok apabila diisi waktu dengan berkumpul bersama sahabat atau keluarga. Dengan diiringi api unggun, bercerita bersama menghabiskan malam. Hati hati apabila menyalakan api unggun di sini, karena dapat berbahaya apabila tidak dapat mengontrol api tersebut.
sunset di wadas gantung
Sunset di Wadas Gantung
Di pagi hari, kita akan disambut hangat dengan indahnya mentari pagi. Dengan warna sinarnya yang beragam, baik oranye, kemerahan, bahkan kuning. Sunrise di wadas gantung dapat kita nikmati, dengan melihat melintasi horizon di arah timur. Hangat sinarnya menghangatkan suasana. Apabila kita kurang beruntung dalam hal cuaca, seperti mendung, jangan berkecil hati. Karena apabila malamnya hujan, biasanya di pagi harinya dapat kita temukan pelangi yang melingkar dengan indah.
sunrise di wadas gantung
Sunrise di wadas gantung
Hingga matahari cukup naik,  kita bisa bersantai sembari menyeduh kopi dan menikmati pemandangan yang indah. Kita bisa turun setelahnya, atau jalan jalan di sekitar wadas gantung. Tapi jangan sampai pergi cukup jauh dari perkemahan, karena dapat berbahaya. 
Rute turun sama dengan rute naik, melewati ilalang, hutan, serta kebun penduduk. Peerjalanan pulang antara 30-60 menit. Yang terpenting adalah jangan lupa membawa semua sampah turun, karena keindahan tersebut hanya dapat dijaga dengan sikap peduli kita bersama, untuk saling menjaga. Ingat selalu, jangan mengambil apapun kecuali foto, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki, serta jangan membunuh apapun kecuali waktu.
pelangi di wadas gantung
Pelangi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *