Tidak Punya teleskop? Gunakan teleskop online dengan mengakses NASA MicroObservatory

Teleskop Online
Contoh Gambar yang didapat

Salah satu instrumen utama dalam Astronomi adalah Teleskop. Teleskop adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan cahaya, sehingga kita bisa melihat objek yang jauh dan redup. Beberapa objek yang tidak bisa kita lihat apabila hanya dengan menggunakan mata telanjang dapat kita amati apabila menggunakan teleskop. Teleskop dapat digunakan untuk mengamati berbagai benda langit, seperti matahari, planet di tata surya, bintang, dan sebagainya. Bahkan, rangkaian dari beberapa teleskop dapat digunakan untuk mendapatkan citra black hole yang ukurannya sangat kecil apabila dilihat dari bumi.

Dengan berbagai manfaat yang dimiliki, tentu saja teleskop menjadi instrumen yang cukup penting, namun kendala yang biasa ditemui adalah keterbatasan jumlah teleskop di masyarakat dan suatu komunitas. Hal ini dikarenakan harga teleskop yang cukup mahal untuk sebagian orang atau komunits, sehingga beberapa astronom amatir memiliki ide yang cukup kreatif untuk merakit teleskop mereka sendiri.

Saat ini, kita dapat menggunakan teleskop bahkan tanpa membeli atau merakitnya sendiri, yaitu dengan menggunakan teleskop online pada website “Observing with NASA”. Pada situs web ini, pengunjung dapat mengakses MicroObservatory Robotic Teleskop Network, yang merupakan jaringan teleskop robotik yang berlokasi dan dikelola oleh pusat astrofisika di Harvard College Observatory, Cambridge, MA, dan Whipple Observatory, Amado, AZ. Awalnya, teleskop ini dikembangkan ilmuwan dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian untuk memudahkan masyarakat dari seluruh dunia dalam mengamati angkasa baik untuk hobi maupun pembelajaran di kelas. Jaringan Teleskop Robotik ini terdiri dari beberapa teleskop reflector setinggi tiga kaki, yang masing-masing memiliki cermin 6 inci dan memfokuskan cahaya yang dikumpulkan ke detector CCD.

Situs web ini merupakan bagian dari NASA-funded project untuk membuat MicroObservatory Robotic. Teleskop ini mudah diakses pengunjung, bahkan untuk yang masih awam dalam dunia astronomi sekalipun. Setiap teleskop dapat dioperasikan dari jarak jauh dan tidak memerlukan operator manusia. Pengunjung akan memiliki berbagai pilihan objek yang akan diamati, seperti objek tata surya, bintang, nebula, maupun galaksi. Pengunjung hanya perlu memilih objek beserta pengaturan gambarnya, setelah itu hasil jepretan akan dikirim menuju email yang telah pengunjung berikan. Berikut langkah untuk mengakses NASA MicroObservatory Telescope:

  1. Kunjungi situs Observing with NASA
    Teleskop Online
  2. Pilih tab control telescope
  3. Setelah membuk halaman baru, pilih target yang kita inginkan. Misalnya kali ini kita akan mengamati Bulan, maka klik Observe yang ada pada kotak dibawah gambar Bulan
  4. Sesuaikan pengaturan teleskop yang digunakan, berupa:
    • Field Of View (Medan Pandang), sesuaikan dengan diameter sudut bulan, untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Pada contoh kali ini, kita menggunakan FOV 1 derajat, karena diameter sudut bulan sekitar setengah derajat sehingga diharapkan kita memperoleh gambar bulan ukuran penuh
    • Exposure time (Waktu yang digunakan kamera ketika memotret objek), atur berdasarkan kecerlangan objek supaya hasilnya tidak terlalu terang atau terlalu redup. Pada contoh kali ini, kita menggunakan exposure time 0,1 s, yang merupakan waktu eksposur paling tepat untuk memoret bulan.
      Teleskop Online
    • Selanjutnya kita akan diminta info email, usia, jenis kelamin, negara (pilih outside US), berapa kali menggunakan Teleskop ini, serta nilai untuk mewakili pengetahuan astronomi kita dari rentang nilai 0 untuk tidak memiliki pengetahuan astronomi apa pun, hingga 10 untuk Astronom Professional. Setelah itu, lanjutkan dengan klik Submit.
    • Setelah menerima email yang berisi foto yang diminta, klik “Access your image of ….”, dalam hal ini menjadi “Access your image of Moon”
      Teleskop Online
    • Setelah itu, kita akan menuju halaman web tempat kita bisa mengunduh gambar yang kita minta.
Untuk mengunduh dalam bentuk file gambar (jpg), klik kanan pada gambar dan klik “simpan gambar sebagai”, seperti yang biasa kita lakukan apabila akan mengunduh suatu gambar dari halaman web. Apabila kita memerlukan file .fits, klik pada tautan yang tersedia pada halaman web tersebut.

File FITS (Flexible Image Transport System) adalah file khusus yang biasa digunakan astronom dalam mengolah citra suatu objek. File ini memiliki kualitas tinggi yang mudah untuk diolah kembali. Untuk membuka file FITS ini, dapat digunakan FITS Liberator atau dengan mengklik link yang ada diatas gambar seperti pada gambar berikut:

Apabila kita mengikuti tautan di atas, kita akan menuju halaman web dimana kita dapat mengolah citra tersebut, mulai dari kecerlangan, kontras, dan lain sebagainya. Pengolahan tersebut disesuaikan dengan keperluan dan selera kita masing-masing tentunya. Setelah pengolahan dirasa cukup, untuk menyimpan gambar, tekan tab image, lalu pilih save as jpg, png, atau fits.

Teleskop Online

Dengan demikian, file gambar tersebut telah tersimpan pada gawai atau computer yang digunakan. Selain fitur control telescope,pada situs web Observing With NASA juga terdapat NASA’s Astrophoto Challenge (Kompetisi foto yang dapat diikuti siapa saja), Kids Capture the Universe, dan lain sebagainya. Semoga teleskop online ini dapat memudahkan kita mengeksplorasi alam semesta serta mengagumi karya ciptaan-Nya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *