Langkah Membuka Command Prompt pada Windows 10 dengan Mudah

Oke teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang command prompt yang ada di Windows(Terutama Windows 10). Dari mulai pengertiannya, fungsi, dan juga cara untuk membuka atau mengaksesnya. Jadi, langsung saja, berikut pembahasannya.

Langkah membuka CMD pada Windows 10

Apa Itu CMD (Command Prompt)?

Kalau menurut wikipedia, Command Prompt yaitu baris perintah penerjemah (baris perintah yang dieksekusi ke sistem operasi yang disediakan oleh Microsoft. Belum paham? Oke, tidak masalah.

Jadi, CMD itu barisan perintah DOS yang dapat dijalankan pada sistem Operasi Windows melalui perintah teks. Lalu, apa itu DOS? DOS adalah kependekkan dari Disk Operating System, yaitu sistem operasi komputer yang menggunakan user interface(tampilan) command-line. 

Jadi, teman-teman dapat menggunakan cmd untuk menjalankan perintah aplikasi yang biasa dilakukan seperti membuka file explorer, menghapus file, dan lain sebagainya. Namun, perintah yang ada di command prompt ini lebih lengkap dan kompleks daripada perintah yang ada pada user interface seperti misal di windows explorer. 

Dengan CMD, teman-teman akan mendapatkan akses untuk banyak perintah-perintah yang ada pada suatu sistem operasi. Namun, karena kompleksnya perintah ini, terdapat juga beberapa pihak yang menggunakan media cmd untuk melakukan peretasan pada suatu komputer. Jadi, sudah ada gambaran tentang cmd? oke, kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

Cara Membuka atau Mengakses Command Prompt

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuka command prompt, admin akan memberikan tutorial untuk beberapa metode membuka cmd tersebut.

1. Membuka melalui windows search atau start menu

Cara ini dapat dikatakan sangat sederhana. Langkah yang dilakukan adalah dengan mengakses windows search, caranya dengan menekan kotak pencarian atau logo pencarian yang biasa ada pada taskbar windows (untuk yang masih asing, taskbar adalah baris bagian bawah pada windows). 

windows search
mengakses cmd melalui windows search

kalau tidak ditemukan kotak atau logo pencarian, teman-teman coba tekan start menu, lalu ketikkan apa saja, dan otomatis teman-teman sudah mengakses windows search. Setelah itu, ketik kata kunci “cmd” atau “command prompt”,  maka akan muncul tampilan kurang lebih sebagai berikut (tergantung versi windows 10 yang digunakan).

tampilan command prompt

Setelah itu, teman-teman bisa menekan “open” atau “run as administrator”. Lalu perbedaanya apa? kedua perintah itu sama-sama ditujukan untuk membuka command prompt, namun apabila menjalankan perintah “run as administrator”, teman-teman akan mendapatkan akses yang benar-benar penuh sebagai admin komputer. Seperti pada gambar berikut, terlihat perbedaan tampilan pada cmd, yakni pada bagian atas terdapat tulisan “Administrator:cmd”. 

Jadi, selamat, teman-teman sudah berhasil membuka command prompt. 

2. Melalui Start Menu

Langkah selanjutnya juga masih terbilang sederhana. Pertama-tama, teman-teman tekan logo windows pada keyboard. Selanjutnya, pada daftar aplikasi, teman-teman scrool hingga menemukan folder “Windows System”, klik pada folder itu sehingga muncul beberapa file, termasuk file cmd yang akan kita jalankan. Kemudian, teman-teman tinggal klik secara langsung atau untuk membuka cmd sebagai administrator, cukup klik kanan lalu pilih “run as administrator”

cmd pada start menu
membuka cmd melalui start menu

3. Melalui Windows Run

Windows Run adalah salah satu fitur pada sistem operasi windows untuk menjalankan berbagai perintah. Untuk mengaksesnya, tekan Windows+R pada keyboard, maka akan muncul jendela aplikasi kecil, biasanya dipojok kiri bawah di atas start menu. Selanjutnya, ketikkan “cmd” lalu tekan enter. Perintah ini akan membuka command prompt.

windows run
windows run

4. Melalui Windows Explorer

Langkah ini dimulai dengan menggunakan Windows Run. Bedanya, kita tidak mengetikkan perintah cmd, namun teman-teman bisa mengetikkan “%windir%\System32” (tidak termasuk tanda petik). Perintah ini tidak akan langsung membuka windows command prompt, akan tetapi membuka windows explorer pada direktori file cmd.exe.

Terkesan mempersulit hidup? tidak juga, karena dengan mengetahui direktorinya, kita juga dapat melakukan klik kanan pada file cmd.exe, lalu pilih “run as admnistrator”, sehingga teman-teman akan berhasil membuka cmd versi administratornya.

5. Melalui Task Manager

Apalagi ini? kok aneh? seperti namanya, Task Manager adalah pengelola tugas yang ada di Windows OS. Pada Task Manager ini, Teman-teman dapat menghentikan aktivitas suatu aplikasi, melihat performa komputer, atau mengatur program apa saja yang akan dijalankan ketika startup. 

Langkah pertama adalah dengan membuka Task Manager. Teman-teman bisa menggunakan berbagai cara, misalnya:

  • Melakukan pencarian pada windows search
  • Membuka start menu pada Windows
  • Menggunakan Windows Run (Ketikkan taskmgr)

Setelah terbuka, pilih tab file, lalu klik “run new task” sembari menekan “ctrl” pada keyboard. Dengan demikian, teman-teman akan berhasil membuka cmd versi administrator.

Membuka Command Prompt pada Folder Tertentu

Apa maksudnya? Begini, apabila teman-teman membuka cmd melalui langkah yang telah disebutkan di atas, maka teman-teman akan membuka cmd pada direktori:

C:\users\ACER (acer disini merupakan nama pengguna, jadi dapat berbeda-beda)

C:\Windows\system32 (apabila mengunakan cmd versi administrator).

Namun, pada beberapa kasus kita perlu untuk membuka cmd pada folder lain, misal pada fo  drive D:. Bagaimana caranya?

1. Langkah sederhana

Cara yang cukup sederhana adalah dengan membuka drive D: pada windows explorer terlebih dahulu. Selanjutnya, pada bagian yang ditandai warna merah, klik dan tuliskan cmd. Maka, teman-teman akan berhasil membuka cmd pada folder tersebut.

2. Menggunakan file BAT

Cara ini menggunakan file BAT. file BAT sendiri adalah file yang berisi suatu script atau command untuk dijalankan dalam suatu komputer. Langkah yang perlu dilakukan yaitu:

Buka folder yang akan kita buka command promptnya. misal drive D:.

Buat folder baru dengan cara klik kanan, pilih new, pilih text document. Dengan ini, teman-teman telah membuat file baru dengan format .txt. Selanjutnya, edit file ini dengan menggunakan text editor yang teman-teman gunakan, bisa yang sederhana dan bawaan dari Windows 10 seperti Notepad, atau untuk teman-teman yang menyukai programming dan biasa menggunakan text editor seperti Visual Studio code atau Sublime text.

Pada text editor yang teman-teman gunakan, ketikkan kode berikut:

cd /d %~dp0

cmd.exe

sehingga tampilannya kurang lebih sebagai berikut:

membuat file BAT dengan notepad
membuat file BAT

Simpan file tersebut. Selanjutnya, ganti ekstensi file tersebut dari .txt menjadi .bat pada windows explorer. 

apabila ekstensi yang digunakan tidak terlihat, pastikan teman-teman telah mengaktifkan fitur untuk menampilkan ekstensi. Caranya, pada bagian tab di windows explorer, pilih view, lalu centang pada “file name extensions” seperti pada gambar berikut:

file explorer
menampilkan ekstensi

setelah file cmd.bat berhasil dibuat, teman-teman tinggal menjalankan file .bat tersebut untuk membuka cmd pada folder atau direktori yang teman-teman inginkan. Untuk membuka sebagai administrator, cukup klik kanan, lalu run as administrator. Sederhana bukan?

Baiklah teman-teman, demikian tadi tutorialnya, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Keep Learning Guys!

Tambahan:

Apa Itu CMD (Command Prompt)?

Jadi, CMD itu barisan perintah DOS yang dapat dijalankan pada sistem Operasi Windows melalui perintah teks.

Apa saja cara untuk membuka CMD?

Menggunakan windows search, windows start menu, windows run, task manager, dan windows explorer

langkah membuka cmd di windows 10

  1. klik pada tombol pencarian

    tombol pencarian atau cortana biasanya ada dibagian pojok kiri bawah, disamping start menu.

  2. Ketikkan CMD

    tulis cmd command prompt pada tempat yang muncu

  3. Tekan enter

    untuk membuka evaluated command prompt (versi administrator), pilih “run as administrator”

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *