Mendefinisikan Peran – Azhar Ikhtiarudin

Nama saya Azhar Ikhtiarudin. Saya lahir di Purbalingga, 4 Februari 2002. Bagi yang tidak tahu, Purbalingga itu salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Saya menempuh sekolah dasar di SDN 1 Sangkanayu, SMPN 1 Mrebet, SMAN 1 Bobotsari, dan sekarang berkuliah di Institur Teknologi Bandung. Saya bukan dari keluarga yang kaya, tapi alhamdulillah berkecukupan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Saya senang belajar hal baru, bermacam-macam, dari belajar main musik, memelajari skill untuk menguasai alat atau software, dan sebagainya. Yang penting suatu hal itu memiliki aspek kreatif, atau setidaknya menarik bagi saya, dan bukan sesuatu yang membosankan.

Saya menyukai dunia sains dan teknologi, awal ketertarikan saya yaitu ketika mengikuti Olimpiade Astronomi tingkat SMA. Dulunya, saya tidak terlalu tertarik karena bagi saya dunia sains dan teknologi terkesan kaku dan itu-itu saja.Sehingga menjadi hal yang membosankan. Namun, sejak mengikuti olimpiade tersebut, banyak pandangan saya yang berubah. Saya sangat berterima kasih kepada berbagai pengajar serta pendidik yang banyak membuka pikiran saya. Pertama tentang sains dan teknologi, termasuk matematika. Saya baru sadar bahwa dibalik persamaan atau rumus rumus yang setiap hari dihapal oleh siswa di berbagai penjuru negeri itu tersimpan banyak ide-ide kreatif dari tokoh-tokoh terdahulu. Di situ saya belajar bahwa persamaan yang dipelajari sama sekali untuk dihapal, tapi kita sejatinya belajar sains terutama belajar metode pemecahan masalahnya. Olimpiade itulah yang membawa saya untuk diterima di Insitut Teknologi Bandung, disamping banyak factor lain juga tentunya.

 Selain itu, saya juga suka mengerjakan suatu project Bersama teman-teman. Entahlah itu project sosial, seperti menggalang dana untuk masjid, menjadi sukarelawan, dan sebagainya. Selain itu, saya juga cukup aktif mengikuti kompetisi-kompetisi seperti lomba video, poster, dan banyak lain. Rasanya senang apabila dapat berkumpul Bersama teman-teman yang memiliki semangat dan visi yang sama. Akhir-akhir ini, setelah menyadari bahwa hidup juga perlu uang, saya juga senang mengerjakan beberapa project bisnis. Walaupun lebih tepat dikatakan semi bisnis saja karena memang masih dikerjakan disela-sela waktu kuliah.

Saya menyukai kehidupan seperti itu. Aktif belajar dan eksplor hal baru, sembari mengerjakan project-project Bersama dengan berbagai tim, dengan berbagai anggota tentunya. Boleh dianggap project-project tersebut sebagai sarana saya menerapkan ilmu yang saya peroleh. Di masa depan juga saya masih ingin seperti itu. Saya ingin memiliki suatu pekerjaan tetap seperti dosen atau peneliti sehingga bisa selalu eksplor hal baru. Di samping itu, saya ingin masih mengerjakan project-project seperti sekarang. Namun dengan skala lebih besar tentunya. Bahkan yang dapat bermanfaat dalam skala nasional atau global. Sesederhana itu mimpi saya, tapi dengan eksekusi yang jelas tidak akan mudah. Tapi saya percaya saya bisa mewujudkannya, Bersama-sama dengan pemuda lain diluar sana yang memiliki visi sama dengan saya. Mungkin juga anda yang membaca artikel ini. 😊

#StoryOfMyLife #MendefinisikanPeran #OSKMITB2020 #TerangKembali

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *